Cegah Gagap Teknologi Lewat Solo Melek Digital, Ubah Mindset Gaptek hingga Repot

Gaptek menjadi salah satu pemikiran terhambatnya suatu digitalisasi.

Ronald Seger Prabowo
Kamis, 24 November 2022 | 15:24 WIB
Cegah Gagap Teknologi Lewat Solo Melek Digital, Ubah Mindset Gaptek hingga Repot
Solo Melek Digital, Cara Cegah Gaptek di Era Serbamodern dan Digital. [dok]

SuaraSurakarta.id - Youth Reinforcement Program (YRP) dan Edushift.id bekerja sama dengan International Test Center (ITC) menyelenggarakan program seminar 'Solo Melek Digital' di Universitas Surakarta, Rabu (23/11/2022).

Program ini diadakan untuk mendukung digitalisasi di Kota Solo khususnya di sektor pendidikan.

Dalam kegiatan ini, diisi oleh para pakar dibidang literasi digital seperti Insiator sekaligus CEO YRP dan Edushift, Astrid Widayani, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Dian Rineta serta Program Manager ITC Benyamin Go.

Para pembicara membahas transformasi digitalisasi saat ini serta upaya untuk mendorong literasi digital khususnya di Kota Solo.

Baca Juga:Sebut Migrasi TV Analog ke Digital Belum Optimal, Ketua IJTI Sumbar Ajak Mahasiswa Ikut Sosialisasi

"Padahal yang membuat inovasi dari teknologi ini sudah berpikir melalui riset, penelitian, uji coba sampai test diharapkan menjadi salah satu solusi dari suatu permasalahan. Ketika gagap teknologi ini kita rubah dari satu kata kunci mindset tadi maka akan menjadi melek digital," terang Astrid Widayani dalam rilis yang diterima, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, transformasi digital bisa diawali dengan mengganti mindset yang selama ini tertanam bahwa digitalisasi dapat membantu mempermudah dan menjadi salah satu solusi permasalahan komunikasi seperti di perkantoran ataupun sektor edukasi.

Dia mengistilahkan, gagap teknologi (gaptek) menjadi salah satu pemikiran terhambatnya suatu digitalisasi. Pasalnya, mereka yang memiliki mindset gaptek akan menganggap digitalisasi merupakan hal yang merepotkan.

"Nah kalau melek digital berarti ada 4 pilar yang harus kita miliki sebagai proses dari digital transformasi mulai dari digital skill, digital ethic, digital culture, sampai dengan digital safety nanti akan lengkap di sertifikasi yang akan diikuti hari ini," jelasnya.

Kegiatan itu, juga disambut positif oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Melalui sambutan video, dia menyampaikan saat ini mau tidak mau masyarakat memang dituntut untuk melek secara digital.

Baca Juga:Ulasan Film Decibel: Saat Bom Meledak karena Keriuhan Suara Sekitar

"Pemanfaatan teknologi menjadi hal yang wajib dikuasai dan menjadi kebutuhan utama berbagai pihak. Mulai dari pengusaha, pegawai, guru, siswa, orang tua, seniman dan pedagang pasar, dituntut menggunakan teknologi yang ada," kata Gibran.

News

Terkini

Terduga pelaku bom bunuh diri tinggal di rumah kost di RT 07 RW 02 Desa Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo berinisial AS.

News | 14:52 WIB

Sosok pemilik motor tersebut akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi pascatragedi bom bunuh diri tersebut.

News | 14:13 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menjelaskan, berdasarkan barang bukti yang ditinggalkan, pelaku membawa sepeda motor dengan pelat AD (wilayah Surakarta).

News | 13:26 WIB

Pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung diketahui merupakan mantan narapidana terorisme.

News | 13:00 WIB

Tampak putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya Selvi Ananda serta dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

News | 11:21 WIB

Adapun catatan gempa susulan yakni M4.3 pukul 13.25 WIB, M4.1 pukul 13.36 WIB, dan M4.3 pukul 13.49 WIB.

News | 15:17 WIB

Gempa juga dirasakan di daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

News | 14:22 WIB

Belum ada laporan dampak gempa magnitudo 6.2 terhadap infrastruktur di Kabupaten Jember.

News | 14:16 WIB

Mereka juga membawa beberapa tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya.

News | 13:27 WIB

Jarak antara Benteng Vastenburg menuju ke lokasi perhelatan ngunduh mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pura Mangkunegaran sekira 8 menit perjalanan.

News | 12:49 WIB

Film bergenre horor itu dibintangi Omar Daniel, Zulfa Maharani, Aghniny Haque, Naimma Aljufri, Cindy Nirmala, Putri Ayudya, dan Mahardika Yusuf.

News | 09:46 WIB

Ribuan tamu undangan diperkirakan akan datang dalam hajatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) nanti.

News | 09:26 WIB

Undangan untuk Presiden UEA sudah disampaikan saat sarapan bareng usai meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan Solo belum lama ini.

News | 18:35 WIB

Untuk prosesi siraman kedua mempelai akan dilakukan, Jumat (9/12/2022) di kediamannya masing-masing.

News | 18:16 WIB

Dalam persidangan hari ini, Ricky Rizal bersaksi untuk terdakwa Kuat Maruf dan Richard Eliezer atau Bharada E.

News | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak