alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain Paundra dan Bhre, KRMH Roy Rahajasa Yamin Berpeluang Menjadi Raja Mangkunegaran

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 20 November 2021 | 16:42 WIB

Selain Paundra dan Bhre, KRMH Roy Rahajasa Yamin Berpeluang Menjadi Raja Mangkunegaran
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri peringatan 100 hari meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX. [Suara.com/Ari Welianto].

Tidak menutup kemungkinan, takhta raja mangkunegaran akan diberikan di luar keluarga inti

SuaraSurakarta.id - Pemilihan raja mangkunegaran semakin hangat dibicarakan. Banyak kandidat yang dianggap pantas menjadi penerus raja terdahulu. 

Isu suksesi menjadi hal yang ditunggu-tunggu saat ini dari Pura Mangkunegaran. Apalagi ada tiga kandidat yang disebut-sebut pantas menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X.

Sebab selain dua putra kandung KGPAA Mangkunagoro IX, ada satu kandidat lain yang digadang-gadang bisa menjadi penerus tahta di Pura Mangkunegaran, meski bukan berasal dari keluarga inti. Dia adalah Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin.

Menyadur dari Ayosolo.id, KRMH Roy mengatakan belum ada bocoran mengenai siapa yang akan ditunjuk sebagai penerus tahta.

Baca Juga: Ada Cucu Bung Karno, Ini Daftar Lengkap 3 Calon Pengganti KGPAA Mangkunegara IX

“Belum ada bocoran, masih kita tunggu rapat keluarga. Yang penting hari ini (Peringatan 100 Hari) berjalan lancar,” ujarnya.

Ditanya soal paugeran yang menyatakan penerus tahta Pura Mangkunegaran harus berasal dari jalur laki-laki atau patrilineal, Roy mengaku mengetahui hal tersebut dan memang benar seperti itu. Namun apapun keputusan soal siapa yang akan menjadi KGPAA Mangkunagoro X akan tetap didasarkan pada pilihan keluarga inti.

KRMH Roy Rahajasa Yamin (Wijayanti Putrisejati)
KRMH Roy Rahajasa Yamin (Wijayanti Putrisejati)

“Memang ada beberapa pendapat soal itu, ya kami tunggu saja. Intinya, apapun amanah dari keluarga saya siap,” imbuhnya.

Ditanya kapan kira-kira pengumuman siapa yang akan menduduki tahta Pura Mangkunegaran sebagai KGPAA Mangkunagoro X, Roy mengaku juga tidak tahu pasti.

“Kita tunggu saja. Iya, ibu saya (GRA Retno Satuti) akan ikut rembug keluarga juga soal suksesi,” ujarnya.

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Harus Putra Prameswari Dalem, Peluang GPH Bhre Cakrahutomo Terbuka?

Berbeda dengan Roy yang blak-blkan, dua putra kandung almarhum KGPAA Mangkunagoro IX, yakni Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo masih enggan berkomentar soal suksesi Adipati KGPAA Mangkunagoro X.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait