alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keren Lur! Film Karya Sutradara Asal Kota Solo Diputar di Jakarta Film Week

Budi Arista Romadhoni Minggu, 14 November 2021 | 15:35 WIB

Keren Lur! Film Karya Sutradara Asal Kota Solo Diputar di Jakarta Film Week
Salah satu adegan dalam film You and I karya sutradara asal Solo, Fanny Chotimah. [Solopos/Istimewa]

Film karya sutradara asal kota Solo itu diputar pada festival Internasional Jakarta Film Week

SuaraSurakarta.id - Dua film karya sutradara dari Kota Solo diputar di Festival Internasional Jakarta Film Week (JFW). Hal itu tentu saja menjadi prestasi yang membanggakan. 

Menyadur dari Solopos.com, dua sutradara andalan Kota Solo yakni Fanny Chotimah dan Bani Nasution menyumbang karya film mereka dalam festival internasional Jakarta Film Week (JFW), Kamis-Minggu (18-21/11/2021).

Karya Fanny berjudul You and I bakal tayang dalam kategori Global Feature-Non Competition. Sementara, film fiksi besutan Bani Two Fishes and a Dish mendapat kehormatan sebagai Official Selection JFW 2021.

JFW merupakan festival film internasional yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Super 8mm.

Baca Juga: Jerome Kurnia: Mohon Maaf Gak Pernah Rangking, Tapi Dapat Piala Citra

Program-program yang dilaksanakan JFW mencakup penayangan film panjang dan pendek dari berbagai negara, pendanaan ide cerita terpilih dalam Jakarta Film Fund, Masterclass untuk pekerja film profesional, serta diskusi.

Sutradara film asal Solo itu juga ditunjuk sebagai pembicara dalam diskusi bertema “Mimpi-Mimpi Urban: Jakarta dan Daerah dalam Sinema”. Acara ini diadakan pada Minggu (7/11/2021) lalu.

You and I merupakan debut Fanny sebagai sutradara film dokumenter. Karya ini diapresiasi berbagai macam penghargaan, di antaranya world premier sekaligus dinobatkan sebagai judul terbaik kategori Asia di DMZ International Documentary Film Festival, Korea Selatan, pada September 2020.

You and I juga membawa Fanny sang sutradara asal Solo memenangi Piala Citra-Festival Film Indonesia (FFI) 2020 kategori Dokumenter Panjang Terbaik. Secara singkat You and I menceritakan persahabatan Kaminah, 70, dan Kusdalini, 74.

Salah satu adegan dalam film You and I karya sutradara asal Solo, Fanny Chotimah. (Istimewa)
Keduanya bertemu di penjara setengah abad lalu saat sama-sama menjadi tahanan politik. Setelah dibebaskan, mereka hidup bersama hingga masa tuanya di Solo.

Baca Juga: Sembuh dari Hepatitis C, Begini Penampilan Gary Iskak di FFI 2021

Tugas Akhir Perkuliahan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait