alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bangunan Keraton Solo Mendesak Direvitalisasi, Kondisinya Bikin Geleng-geleng

Ronald Seger Prabowo Kamis, 07 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Bangunan Keraton Solo Mendesak Direvitalisasi, Kondisinya Bikin Geleng-geleng
Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Diana Kusumastuti dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat berada di Keraton Kasunanan Surakarta. [Suara.com/Ari Welianto]

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR), Diana Kusumastuti pun meninjau dan mengecek langsung kondisi fisik bangunan keraton.

SuaraSurakarta.id - Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo bakal dikerjakan dalam waktu dekat.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR), Diana Kusumastuti meninjau dan mengecek langsung kondisi fisik bangunan keraton, Kamis (7/10/2021).

Ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kanjeng Gusti Ratu Paku Buwono dan kerabat keraton, berkeliling keberbagai bangunan keraton. Ini untuk melihat secara langsung kondisi keraton seperti apa.

"Saya melihat dulu saja, kira-kira keratonnya seperti apa. Yang rusak-rusak seperti apa, itu saja dulu," terang Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Diana Kusumastuti saat usai meninjau Keraton Kasunanan Surakarta, Kamis (7/10/2021). 

Baca Juga: Revitalisasi Kota Lama Kesawan Medan Dimulai Tahun Depan

Diana menilai, karena keraton merupakan bangunan lama dan kuno banyak yang rusak-rusak. Sehingga perlu dibenahi agar kondisinya tidak semakin rusak parah. 

"Untuk kelanjutan kearah sana ditunggu dulu. Ini masih proses dan koordinasi lebih lanjut dengan wali kota dan keraton," ungkap dia. 

Diana mengatakan, itu bukan bangunan biasa tapi termasuk bangunan cagar budaya yang dilindungi. Untuk itu, lanjut dia, tidak bisa cepat-cepat untuk dikerjakan, perlu proses. 

"Ini kita kaji dulu, kan harus dicek dan digambar dulu atau membuat DED. Jadi ini proses mengarah kesana, ditunggu saja, nanti juga akan mengandeng Kemendikbud dan BPCB," katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan kalau melihat kondisi keraton tadi akan dicarikan solusinya satu persatu.

Baca Juga: Proyek Revitalisasi Stadion Sangkuriang Senilai Rp 273 Miliar Dilelang

"Nanti akan direvitalisasi. Ya, sesuai arahan Sinuhun dan nanti bertahap," papar dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait