alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jarang Diketahui, Ini 3 Fakta Unik Tentang Filosofi Toga yang dipakai Wisudawan

Budi Arista Romadhoni Minggu, 03 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Jarang Diketahui, Ini 3 Fakta Unik Tentang Filosofi Toga yang dipakai Wisudawan
Ilustrasi para wisudawan Universitas Islam Makassar (UIM) memakai toga. [ANTARA FOTO/Arnas Padda]

Ini fakta unik tentang filosofi toga yang dipakai para wisudawan

SuaraSurakarta.id - Bagi sebagian besar mahasiswa mengenakan toga saat wisuda merupakan kebahagiaan yang menandakan perjuangan mereka mendapatkan gelar sarjana telah selesai. 

Proses untuk mengenakan toga tentunya tidaklah mudah. Mengingat mahasiswa harus berjibaku dengan berbagai macam tugas saat kuliah. 

Namun, sebagian mahasiswa mungkin belum tahu tentang makna atau filosofi dari bentuk toga tersebut. Maka dari itu, sebelum kamu mengenakan toga nanti. Sebaiknya kamu harus tahu tentang filosofi di balik bentuk toga yang akan kamu kenakan. 

Hal ini supaya kamu bisa merenungi, sebab bentuk toga yang selama ini berbentuk persegi dan berwarna hitam itu ternyata memliki makna maupun filosofi mendalam. 

Baca Juga: Terpopuler: Pria Mau Hilangkan Organ Intim, Baju Wisuda Mencuri Perhatian

Merangkum informasi dari video di channel youtube Delta Buana, setidaknya ada 3 fakta unik tentang makna bentuk toga tersebut. 

1. Sejarah Toga

Kata toga sendiri berasal dari kata tego yang dalam bahasa latin memiliki arti sebagai penutup. Umumnya toga sering kali dikaitkan dengan bangsa Romawi. Sebab toga mirip jubah yang sering dipakai bangsa Eruskan di Italia pada tahun 1200 Masehi. 

2. Warna Hitam 

Ternyata toga memiliki arti filosofi yang mendalam. Salah satunya arti warna hitam yang udah melekat pada toga. Usut punya usut, pemilihan warna hitam memiliki makna misteri serta kegelapan yang telah dikalahkan para sarjana di bangku kuliah. 

Baca Juga: 7 Momen Wisuda Sarah Gibson Lulus FH UI, Cantik dengan Kebaya Merah

Tak hanya itu diharapakan sarjana mampu mengubah kegelapan di dalam dirinya dengan ilmu yang ia dapat. Warna hitam juga memiliki makna lain yakni keagungan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait