alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perpanjangan Runway Bandara Adi Soemarmo Dapat Lampu Hijau dari Legislatif

Ronald Seger Prabowo Senin, 27 September 2021 | 23:00 WIB

Perpanjangan Runway Bandara Adi Soemarmo Dapat Lampu Hijau dari Legislatif
Bandara Adi Soemarmo Solo. (antara)

Beberapa persoalan yang muncul di saat pembangunan perpanjangan runway ini di antaranya adalah risiko lahan yang harus dibebaskan.

SuaraSurakarta.id - Rencana perpanjangan jalur pesawat atau runway di Bandara Adi Soemarmo Solo mendapat lampu hijau dari DPR RI.

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Eva Yuliana mendukung dalam rangka untuk pelayanan optimal terhadap Anggota DPR dan pejabat lainnya yang aktif melakukan perjalanan, baik dari dan menuju Soloraya.

“Ada beberapa hal disampaikan (otoritas Bandara), terkait sarana dan prasarana yang perlu ditambahkan. Karena sesuai dengan kebutuhan, misalnya runway perlu diperpanjang. Kami berusaha untuk membantu ketika ada persoalan yang seharusnya menunjang sarana prasarana ini bisa dilaksanakan di tahun mendatang,” ujar Eva Yuliana, diwartakan Timlo.net--jaringan Suara.com.

Beberapa persoalan yang muncul di saat pembangunan perpanjangan runway ini di antaranya adalah risiko lahan yang harus dibebaskan. Pembebasan lahan tersebut apakah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah atau bisa juga menjadi pemerintah pusat karena digunakan untuk kepentingan umum.

Baca Juga: Mudik Lebaran di Larang, Bandara Adi Soemarmo Kurangi Jam Operasional

“Nah itu tadi ada diskusi ke sana, untuk bisa kita rembug bersama apa yang bisa kita lakukan,” ujar wakil rakyat Dapil Jawa Tengah V ini.

Dilansir laman dpr.go.id,  Ketua BURT DPR Agung Budi Santoso dalam kesempatan yang sama menambahkan, saat masih dalam suasana pandemi seperti ini, lalu lintas penerbangan memang belum kembali normal seperti biasa. Namun, jika suasana sudah kembali normal, ekonomi kembali berjalan, otomatis maka penerbangan juga akan semakin bertambah. Karena itu, tegasnya, kapasitas bandara ini perlu diperluas.

“Bandara ini cukup melayani penumpang 4 juta orang per tahun. Saat ini masih sekitar 1 jutaan. Tapi saya kira itu (perpanjangan runway) bisa paralel kalau penumpangnya banyak pasti penerbangan banyak,” ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait