facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kabar Baik! Kabupaten Wonogiri Hari Ini Keluar dari Zona Merah Covid-19

Budi Arista Romadhoni Rabu, 07 Juli 2021 | 18:20 WIB

Kabar Baik! Kabupaten Wonogiri Hari Ini Keluar dari Zona Merah Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Keluar dari zona merah Covid-19, Wonogiri saat ini berstatus zona oranye. (Elements Envato)

Keluar dari zona merah Covid-19, Wonogiri saat ini berstatus zona oranye

SuaraSurakarta.id - Kabar baik datang dari Kabupaten Wonogiri. Wilayah tersebut kini keluar dari zona merah Covid-19. 

Menurunnya kasus Covid-19 di Wonogiri ternyata hasil dari Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat. 

Tidak masuknya Wonogiri dalam zona merah dapat dilihat di web resmi Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Wonogiri sudah tidak masuk zona merah atau risiko tinggi. Saat ini Wonogiri turun dan masuk zona oranye atau risiko sedang dalam persebaran Covid-19.

Dilansir dari Solopos.com, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo bersyukur atas turunnya status persebaran Covid-19 dari zona merah ke zona oranye. Hal itu merupakan hasil ikhtiar bersama seluruh pihak dan elemen yang ada di Wonogiri.

Baca Juga: Jangan Kendor! Jumlah Desa Zona Merah di Kudus Semakin Berkurang

“Tidak hanya kerja keras jajaran kami. Ini juga karena kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan sejumlah kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Termasuk yang terbaru penerapan PPKM darurat,” kata dia kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan, penerapan PPKM darurat memiliki efek yang cukup signifikan dalam menekan kasus Covid-19. Terutama mengubah perilaku masyarakat yang kini lebih patuh dalam menghadapi pandemi yang hingga kini masih berlangsung.

“Kami beri apresiasi kepada seluruh pihak yang berjuang menangani pandemi ini. Mulai dari sukarelawan, tenaga kesehatan [nakes], Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh tingkatan serta ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga,” ungkap dia.

Pada Selasa (6/7/2021), terdapat penambahan 172 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri. Menurut Jekek, penambahan yang cukup banyak itu merupakan hasil tracing kasus yang sebelumnya sudah ada di Wonogiri.

“Kami berkomitmen penambahan kasus baru bisa ditekan agar status zona risiko di Wonogiri bisa semakin membaik. Langkahnya dengan memperketat kebijakan yang ada di setiap daerah. Ketua RT, Ketua RW dan Satgas di tingkat kecamatan bisa lebih intens memberi pendampingan dan pengawasan kepada masyarakat,” ujar dia.

Baca Juga: Malang Raya Zona Merah COVID-19, PPKM Darurat Wajib Dipatuhi

Jika pendampingan dan pengawasan kepada masyarakat bisa dilakukan dengan kesadaran kolektif, Jekek meyakini status zona persebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait