alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemberangkatan Haji 2021 Batal, Ribuan Calhaj dari Solo dan Sukoharjo Gigit Jari

Ronald Seger Prabowo Sabtu, 05 Juni 2021 | 08:00 WIB

Pemberangkatan Haji 2021 Batal, Ribuan Calhaj dari Solo dan Sukoharjo Gigit Jari
Ilustrasi haji dan umrah [shutterstock]

Bagi calon jamaah yang ingin mengambil dananya dipersilahkan.

SuaraSurakarta.id - Sebanyak 505 jamaah calon haji (calhaj) Kota Solo gagal berangkat untuk menjalankan ibadah haji pada 2021. Sementara itu untuk Kabupaten Sukoharjo ada 839 calhaj yang menunggu kejelasan keberangkatan.

Itu merupakan dampak dari keputusan Pemerintah Pusat yang tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2021 ini. 

"Secara khusus di Kota Solo kita telah menyiapkan 505 calon jamaah haji. Ini termasuk pengurusan dokumen dan secara lengkap telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Hidayat Maskur, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, mereka tinggal menunggu jadwal pemberangkatan saja dan rencana berangkat pada 2021 ini. Tapi sesuai dengan KMA nomor 660 tahun 2021 bahwa calon jamaah haji tahun 2021 pemerintah tidak memberangkatkan. 

Baca Juga: Muncul Seruan SBY Turun Tangan Lobi Arab Saudi karena Pemberangkatan Haji 2021 Batal

"Mereka tinggal menunggu jadwal keberangkatan saja. Tapi ada keputusan dari pemerintahan yang tidak memberangkatkan pada tahun ini," ungkap dia. 

Adanya keputusan ini, akan segera di sosialisasikan ke semua calon jamaah haji yang sudah terdaftar. Bagi calon jamaah yang ingin mengambil dananya dipersilahkan, karena memang ini sesuai dengan arahan menteri agama.

"Kalau ada jamaah yang tetap sesuai prosedur dan mengikuti masa tunggu, insya allah akan sebagai prioritas untuk pemberangkatan 2022. Ini langkah yang kita lakukan terkait dengan pembatalan," katanya. 

Terkait dengan kesiapan yang menyangkut tentang pasport bisa diambil oleh calon jamaah. Karena mungkin setelah tidak jadi berangkat  akan diambil untuk kegiatan lain, seperti ibadah umrah.

"Saat ini pasport ada di kantor wilayah kemenag Jawa Tengah dan segera kita ambil. Nanti akan disosialisasikan ke calon jamaah haji dan nanti bisa diambil, mungkin minggu depan bisa diambil," ungkap dia.

Baca Juga: Internet 5G di Solo Diharapkan Bisa Dorong Perkembangan UMKM

Sejauh ini tidak ada calon jamaah haji yang tidak mengambil uangnya tapi memilih menunggu tahun selanjutnya. Jadi totalnya dari tahun 2020 hingga 2021 ini masih sama 505 calon jamaah haji.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait