facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Haruna Soemitro Buka-bukaan Soal Kritik ke Shin Tae-yong: Itu Fungsi Sebagai Anggota Exco PSSI

Ronald Seger Prabowo Senin, 17 Januari 2022 | 13:27 WIB

Haruna Soemitro Buka-bukaan Soal Kritik ke Shin Tae-yong: Itu Fungsi Sebagai Anggota Exco PSSI
Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).

Seperti diketahui, mantan manajer Madura United itu menyoroti kinerja Shin Tae-yong lantaran gagal membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 di Singapura.

SuaraSurakarta.id - Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro akhirnya buka suara berkait kritikan ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hingga menimbulkan polemik di media sosial.

Seperti diketahui, mantan manajer Madura United itu menyoroti kinerja Shin Tae-yong lantaran gagal membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 di Singapura.

Haruna menilai jika Shin Tae-yong sama seperti pelatih Timnas Indonesia sebelum-sebelumnya yang gagal mempersembahkan gelar juara.

Selain itu, dirinya juga menyebut jika pelatih asal Korea Selatan itu lebih banyak memainkan pola direct football dibanding umpan-umpan pendek.

Baca Juga: Shin Tae-yong Disebut Tersinggung, Tagar Haruna Out Jadi Trending Topic

Kepada Suarasurakarta.id, Haruna Soemitro menjelaskan berkaitan dengan pernyataan tersebut.

"Jujur saya bingung salahnya di mana. Saya mengevaluasi STY (Shin Tae-yong) itu karena fungsi sebagai Exco PSSI. Ingat lho, STY itu dipilih Exco saat di Malaysia. Bukan netizen," ungkapnya, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, dipilihnya mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 karena segudang prestasi, termasuk bersama pasukan Negeri Gingseng.

"Dengan segudang prestasi itu, diharapkan STY bisa membawa sepak bola Indonesia dan Timnas Indonesia berprestasi," tegasnya.

"Makanya, kritikan itu ada harapan mudah-mudahan tahun ini milik STY (juara AFF U-22 dan Piala AFF 2022)," tambah dia.

Baca Juga: Terbongkar, Makam Upin dan Ipin yang Viral Bukan di Malaysia, Tapi di Palu Sulawesi Tengah

Berkaitan dengan kritik permainan direct football, Haruna Soemitro menegaskan jika itu berdasarkan masukan dari pelatih-pelatih Liga 1.

"Soal itu (direct football) masukan, keluhan, dan aspirasi dari pelatih Liga 1. Saya nggak tau teknis karena bukan pelatih sepak bola dan tak punya lisensi," paparnya.

"Makanya saya sebagai Exco PSSI menjalankan fungsi untuk menampung aspirasi dari teman-teman Liga 1, termasuk masukan pelatih. Bukan dari saya sendiri," pungkas Haruna Soemitro.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait