facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Momen Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Meningkat 44 Persen

Budi Arista Romadhoni Kamis, 06 Januari 2022 | 09:10 WIB

Momen Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Meningkat 44 Persen
Ilustrasi penumpang pesawat. Pengelola Bandara Adi Soemarmo mencatat kenaikan jumlah penumpang hingga 44 persen pada periode Natal dan Tahun Baru seiring dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19 (Pixabay/StockSnap)

Pengelola Bandara Adi Soemarmo mencatat kenaikan jumlah penumpang hingga 44 persen pada periode Natal dan Tahun Baru seiring denganmembaiknya kondisi pandemi COVID-19

SuaraSurakarta.id - Perayaan natal dan tahun baru kali ini benar-benar menghidupkan kembali ekonomi, khususnya transportasi publik seperti maskapai penerbangan. Terdapat peningkatan penumpang di Bandara Adi Soemarmo

Pengelola Bandara Adi Soemarmo mencatat kenaikan jumlah penumpang hingga 44 persen pada periode Natal dan Tahun Baru seiring dengan membaiknya kondisi pandemi COVID-19.

"Kenaikan sebesar 44 persen, untuk selama masa satgas tahun ini sebanyak 34.000 penumpang yang melewati Bandara Adi Soemarmo," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo Yani Ajat Hermawan dikutip dari ANTARA di Boyolali, Rabu (5/1/2022).

Ia mengatakan rata-rata frekuensi penerbangan saat ini sekitar 16-20 penerbangan per hari. Sedangkan, untuk masa satgas berlangsung selama 19 hari, mulai dari 17 Desember 2021-4 Januari 2022.

Baca Juga: Viral Keluhan Penumpang Pesawat, Diduga Maskapai Bongkar Koper hingga Buka Amplop Uang

Secara umum, lanjut dia, terjadi penurunan jumlah penumpang yang berangkat maupun datang melalui 15 bandara di bawah PT Angkasa Pura I selama 2021 dibandingkan sepanjang tahun 2020.

Pihaknya mencatat untuk tahun 2020 jumlah penumpang sekitar 36 juta, sedangkan pada tahun 2021 turun menjadi 27 juta penumpang.

Sementara itu, terkait dengan kemungkinan lonjakan jumlah penumpang di awal tahun 2022 menyusul jumlah kasus COVID-19 yang mengalami penurunan, pihaknya belum dapat memprediksi.

"Yang pasti saat ini posisi penerbangan seperti bulan November 2021," katanya.

Ia mengatakan maskapai penerbangan yang melayani rute melalui Bandara Adi Soemarmo saat ini di antaranya Lion Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Nam Air, Batik Air, dan Citilink.

Baca Juga: Gunakan Celana Dalam Wanita sebagai Masker, Pria Ini Diusir dari Pesawat

"Kebanyakan perjalanan rute Solo-Jakarta-Solo, beberapa rute lain yakni rute Pontianak yang dilayani oleh Nam Air dan Wings Air rute Bali," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait