alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas! Tak Hanya Waspada Bencana, ISPA Bisa Menyerang Saat Musim Hujan

Budi Arista Romadhoni Kamis, 09 Desember 2021 | 11:50 WIB

Awas! Tak Hanya Waspada Bencana, ISPA Bisa Menyerang Saat Musim Hujan
Ilustrasi Sakit Batuk. Musim hujan tak hanya waspada dengan benacana, melainkan penyakit musiman juga harus diantisipasi. (Pexels/Andrea Picquadio)

Musim hujan tak hanya waspada dengan benacana, melainkan penyakit musiman juga harus diantisipasi

SuaraSurakarta.id - Musim hujan tidak hanya waspada soal bencana alam banjir dan tanah longsor. Namun, penyakit musiman juga harus diantisipasi. 

Seperti Penyakit yang terkait dengan sistem pernapasan, disebut-sebut banyak terjadi saat musim hujan tiba.

Para pakar kesehatan memperingatkan, peningkatan jumlah partikel air di udara membuat orang berisiko dua kali lipat terkena berbagai infeksi yang ditularkan melalui udara.

Hal ini disebabkan kandungan air yang tinggi di udara memungkinkan berbagai mikroorganisme berbahaya berkembang biak lebih cepat daripada di iklim yang lebih hangat dan lebih kering. Salah satu penyakit yang sering terjadi di musim hujan adalah terkait dengan sistem pernapasan.

Baca Juga: Musim Hujan, Uniqlo Luncurkan Koleksi Parka Terbaru

Berdasarkan penyakit yang dialami pengguna di platform Good Doctor (GD) yang berkonsultasi dengan dokter dalam jangka waktu selama akhir Oktober hingga minggu kedua November 2021, angka yang dilacak secara internal oleh tim medis internal khususnya tentang Tren Diagnosis yang meningkat menunjukkan bahwa kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mendominasi kategori telekonsultasi.

dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical PT Good Doctor Technology Indonesia pun memperingatkan bahwa tren yang mengkhawatirkan ini akan terus meningkat jika tindakan pencegahan kesehatan tidak dilakukan untuk meningkatkan kekebalan seseorang selama periode musim hujan.

Tren Diagnosis menunjukkan peningkatan ISPA sebesar 1—2 persen setiap minggunya dan diprediksi akan meningkat menjadi 10 persen pada minggu-minggu berikutnya.

ISPA sendiri adalah infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan dapat menular ke orang lain. Bagian tubuh yang terkena dapat berupa hidung, sinus, faring, dan laring.

Gejala yang mungkin dirasakan antara lain pilek, bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Baca Juga: Tetap Gaya Saat Musim Hujan, 3 Parka Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

"Risiko ISPA akan meningkat pada orang yang sistem kekebalannya lemah," ujar dr. Adhiatma pada Kamis (9/12/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait