alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hati-hati! Semeru Erupsi, Gunung Merapi Kini Siaga Level III

Ronald Seger Prabowo Minggu, 05 Desember 2021 | 09:22 WIB

Hati-hati! Semeru Erupsi, Gunung Merapi Kini Siaga Level III
Gunung Merapi mengeluarkan Awan panas guguran pada Jumat (20/8/2021). - (SuaraJogja.id/HO-BPPTKG)

Gunung Merapi terjadi 144 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-60 mm dan lama gempa 15-185 detik.

SuaraSurakarta.id - Gunung Merapi kini dalam status level III seusai erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) sore.

Diwartakan Solopos.com--jaringan Suara.com, aktivitas Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY telah terjadi 144 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-60 mm dan lama gempa 15-185 detik.

Selain itu, satu kali gempa hybrid/fase banyak dengan amplitudo 2 mm, S-P 0.3 detik dan lama gempa 7 detik.

Pengamatan visual Gunung Merapi terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan barat.

Baca Juga: Update Info Gunung Semeru Meletus, 300 KK Mengungsi, 2 Orang Hilang, Puluhan Terjebak

Hasil pemantauan yang dirilis di situs Magma Indonesia kemarin mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB, diketahui terjadi 31 kali gempa dengan amplitudo 3-35 mm dan lama gempa 32-185 detik.

Kondisi pasca Erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). [SuaraMalang.id/Bob Bimantara Leander]
Kondisi pasca Erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). [SuaraMalang.id/Bob Bimantara Leander]

Selain itu, 1 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 42 mm, dan lama gempa 8,4 detik.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Adapun, lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Selain Merapi, Gunung Sinabung di Sumatra Utara dan Gunung Lewotolok di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga berada pada level III Siaga.

Sementara status Gunung Semeru pada Minggu (5/12/2021) berada pada level II Waspada. 

Baca Juga: Cahaya Terang Menuntun Manaf Selamat dari Erupsi Gunung Semeru

Sebelumnya, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021). Warga mulai mengungsi menyelamatkan diri.

Detik-detik awan panas Gunung Semeru terekam kamera ponsel warga setempat dan viral di media sosial. Seperti unggahan video di akun Instagram @lumajangsatu.

 Tampak awan pekat membumbung ke arah permukiman. Sontak hal itu membuat panik warga. Sebagian bahkan lari berusaha menjauh dari luncuran awan panas tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait