alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Vaksin COVID-19 Khusus Varian Omicron akan Diproduksi Mulai Januari 2022

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 03 Desember 2021 | 17:35 WIB

Wow! Vaksin COVID-19 Khusus Varian Omicron akan Diproduksi Mulai Januari 2022
Ilustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang. [ANTARA/Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters]

Vaksin COVID-19 khusus varian omicron akan diproduksi di Amerika mulai Januari 2022

SuaraSurakarta.id - Munculnya varian baru Covid-19 membuat pendudukan dunia khawatir. Sebab, vaksin Covid-19 disebut-sebut tak mampu menangkal varian Omicron

Namun demikian, produsen farmasi Novavax Inc pada Kamis (2/12/2021) mengumumkan akan memulai produksi komersial vaksin COVID-19 yang dikembangkan khusus untuk varian Omicron pada Januari 2022.

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat itu juga akan menguji apakah produk vaksinnya saat ini bekerja efektif terhadap varian Omicron atau tidak.

Menurut Novavax, dalam beberapa pekan mendatang data laboratorium diharapkan akan menunjukkan apakah antibodi dari para individu yang sebelumnya menerima vaksin COVID-19 Novavax dapat menetralkan varian Omicron.

Baca Juga: Waspada, Varian Omicron Sudah Masuk Malaysia

Mereka juga mengatakan telah mulai mengembangkan antigen protein paku varian Omicron yang spesifik dan akan memulai tes laboratorium terhadap vaksin baru untuk menyasar varian tersebut dalam beberapa pekan mendatang.

Virus corona varian Omicron telah mengguncang pasar dunia dan menyebabkan kekhawatiran global.

Banyak pihak mengkhawatirkan kemungkinan varian baru itu kebal dari perlindungan vaksin saat ini, yang bisa memperpanjang masa krisis kesehatan masyarakat dunia.

Perusahaan pembuat vaksin lain, termasuk Moderna dan Pfizer, juga telah mulai membuat vaksin COVID-19 yang disesuaikan dengan varian Omicron.

Vaksin COVID-19 Novavax telah mendapat persetujuan penggunaan darurat di Indonesia pada awal November.
[ANTARA]

Baca Juga: Menkes : Omicron Belum Sampai Indonesia, yang Penting Pakai Masker

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait