alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dahlan Iskan Ungkap Siapa Sosok Akidi Tio, Punya Aset dan Harta di Singapura

Budi Arista Romadhoni Rabu, 04 Agustus 2021 | 19:36 WIB

Dahlan Iskan Ungkap Siapa Sosok Akidi Tio, Punya Aset dan Harta di Singapura
Perwakilan Keluarga Almarhum Akidi Tio memberikan sumbangan kepada Polda Sumsel. [Dok. Polisi]

Dahlan Iskan mengungkap warga tionghoa di Palembang sudah biasa memiliki usaha di singapura, termasuk keluarga Akidi Tio

SuaraSurakarta.id - Keluarga Akidi Tio mendadak menjadi perbincangan hangat. Keluarga dari keturunan Tionghoa yang bermukim di Sumatera Selatan (Sumsel) itu menyumbangkan uang dengan nilai fantastis yaitu Rp 2 triliun. 

Namun demikian, sumbangan untuk penanganan Pandemi Covid-19 dari keluarga Akidi Tio ini hingga kini belum cair. Hal itu, menjadi sorotan kepolisian dan para tokoh Nasional untuk mengungkap siapa keluarga Akidi Tio. 

Menyadur dari SuaraSumsel.id, Wartawan senior Dahlan Iskan bahkan memperkirakan Akidi Tio ialah seangkatan pengusaha Tong Djuo. Orang kaya Tionghoa kaya Palembang biasa berbisnis di Singapura.

Menurut Dahlan Iskan, bagi orang Tionghoa kaya Palembang berbisnis di Singapura bukan barang baru. Ada orang Palembang yang sangat terkenal di Singapura, dan juga di Jakarta, Tong Djou. 

Baca Juga: 3 Kejanggalan Donasi Rp 2 Triliun Akidi Tio untuk Atasi COVID 19 di Sumsel

"Saya juga kenal baik dengan Tong Djou –sebelum meninggal Februari lalu. Aki adalah pengusaha angkatan Tong Djou. Generasi sekarang tidak kenal nama itu. Tapi di generasi saya, siapa yang tidak tahu Tong Djou: ia pengusaha minyak yang dibesarkan oleh Dirut Pertamina Ibnu Sutowo," tulis Dahlan Ikan.

Wartawan senior Dahlan Iskan [ANTARA]
Wartawan senior Dahlan Iskan [ANTARA]

Perkiraan Dahlan, Akidi yang telah 12 tahun meninggal punya patner bisnis di Singapura. Selama itu pula, aset tersebut berputar di perusahaan.

Dahlan pun memprakirakan jika Akidi bukan pemegang saham mayoritas di perusahaan sehingga  RUPS selalu sah tanpa kehadirannya. 

"Tentu undangan RUPS untuk Aki sudah selalu dikirim. Ke alamat Aki yang didaftarkan ke perusahaan. Tentu Aki memakai alamat di Singapura. Entah di alamat mana. Hanya perusahaan itu yang tahu," sambung Dahlan.

Anak perempuan Akidi Tio, Heriyanti saat tiba di Mapolda Sumsel [Andika/suara.com]
Anak perempuan Akidi Tio, Heriyanti saat tiba di Mapolda Sumsel [Andika/suara.com]

"Dua belas tahun itu lama sekali. Saya bisa membayangkan apa saja yang terjadi di perusahaan itu selama 12 tahun. Bisa saja saham Aki sudah hilang atau dihilangkan. Itu mudah. Apalagi kalau lewat hostile," sambung ia.

Baca Juga: Pimpinan MPR Sebut Berita Donasi Rp2 Triliun Keluarga Akidi Tio Mirip Cerita Abu Nawas

Dahlan mengungkap ada orang yang akhirnya memberitahu jika Akidi memiliki aset di perusahaan tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait