facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Jitu Menjaga Keamanan dan Privasi Berinternet

Ronald Seger Prabowo Kamis, 01 Juli 2021 | 22:25 WIB

Tips Jitu Menjaga Keamanan dan Privasi Berinternet
Ilustrasi internet. (freestock.com)

Google memberikan beberapa tips yang harus diketahui mengenai keamanan serta privasi saat menggunakan internet.

SuaraSurakarta.id - Ada banyak bahaya mengintai bila Anda berselancar di dunia maya tanpa mengindahkan keamanan dan privasi.

Pengguna harus punya kesadaran untuk menyadari pentingnya keamanan serta privasi, juga melakukan pencegahan demi mengurangi risiko yang membayangi. Google memberikan beberapa tips yang harus diketahui mengenai keamanan serta privasi saat menggunakan internet.

Waspadai Pesan meminta Informasi Pribadi

Jangan klik tautan atau balas pesan mencurigakan berbentuk apapun yang meminta informasi pribadi seperti nama lengkap, nama ibu, alamat rumah, email, tanda pengenal diri, sandi, nomor rekening bank atau nomor kartu kredit, bahkan tanggal lahir.

Baca Juga: Tunggu Orderan Main Jungkat-jungkit, Tingkah Driver Ojol Ini Bikin Gemas

Bahkan jika pesan tersebut dikirim oleh situs yang kamu percaya, seperti situs bank, jangan pernah klik tautan atau membalas pesannya. Sebaiknya kunjungi langsung situs atau aplikasi bank tersebut untuk login ke akun. Ingatlah, situs dan layanan resmi tidak akan pernah mengirim pesan untuk meminta mengirim sandi atau informasi keuangan via email. Selain informasi pribadi diri sendiri, Anda juga tidak boleh membagikan data pribadi orang lain tanpa seizin orang tersebut.

Pastikan Validitas URL

Tips jaga keamanan dan privasi berinternetJangan pernah klik tautan mencurigakan, karena bisa jadi tautan itu berisi halaman log-in palsu buatan peretas yang terlihat resmi. Pastikan URL link yang akan kamu akses adalah situs yang resmi yang diawali dengan “https”. Situs palsu membuat Anda terjebak phising yakni upaya untuk menipu Anda agar memberikan informasi pribadi yang sangat penting seperti sandi akun.

Jangan Pasang Aplikasi Berbahaya

Selalu unduh aplikasi seluler dari sumber terpercaya. Google Play Protect menjaga keamanan perangkat dengan melakukan pemeriksaan keamanan terhadap aplikasi dari Google Play Store sebelum mengunduhnya, serta memeriksa perangkat dari waktu ke waktu. Untuk memaksimalkan perlindungan data, hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan, baca kebijakan privasi, aktifkan fitur update otomatis dan hanya berikan akses data sensitif ke aplikasi terpercaya.

Perbarui Software

Baca Juga: TikTok Luncurkan Panduan Internet Ramah Anak untuk Orang Tua

Selalu gunakan software terbaru untuk browser, sistem operasi, plugin, dan editor dokumen. Saat Anda menerima notifikasi untuk memperbarui perangkat lunak, lakukanlah sesegera mungkin. Perhatikan kapan Anda perlu memperbarui perangkat lunak, beberapa layanan seperti peramban Chrome, akan diperbarui secara otomatis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait