alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awas! BMKG Prediksi Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Jawa Tengah

Budi Arista Romadhoni Kamis, 29 April 2021 | 09:58 WIB

Awas! BMKG Prediksi Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Jawa Tengah
Ilustrasi hujan lebat berpotensi terjadi di Jawa Tengah - (Pixabay/StockSnap)

Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Jawa Tengah

SuaraSurakarta.id - Hujan lebat diprediksi masih akan mengguyur beberap daerah di Indonesia. Yaitu sebagian wilayah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan pada Kamis (29/4/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 55 milimeter per hari berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan juga menghadapi potensi hujan lebat.

Di bagian tengah dan timur wilayah Indonesia, hujan lebat diprakirakan dapat terjadi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Maluku.

Baca Juga: Ganjar Sebar 14 Titik Penyekatan, Warga Klaten Kerja ke Jogja Masih Bisa

Sementara itu, daerah yang berpotensi menghadapi hujan disertai kilat dan petir meliputi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG menyampaikan peringatan mengenai risiko banjir akibat hujan lebat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, serta Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Menurut BMKG, ada sirkulasi siklonik di Laut Arafuru bagian barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut Timor hingga perairan Kepulauan Tanimbar.

Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.

BMKG juga memantau daerah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu bagian utara hingga Aceh bagian selatan, di sepanjang Laut Natuna, daerah Kalimantan bagian timur, dan perairan timur Sulawesi Tengah. (ANTARA)

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Sabang, BMKG: Getaran Dirasakan Nyata

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait