alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Manfaat Jahe untuk Perawatan Tubuh Alami

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar Jum'at, 12 Maret 2021 | 07:56 WIB

5 Manfaat Jahe untuk Perawatan Tubuh Alami
Ilustrasi: Manfaat Jahe Bagi Perawatan Rambut dan Kulit Alami

Jahe tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur atau jamu yang baik bagi pencernaan dan kekebalan tubuh tetapi juga herbal perawatan tubuh alami lho.

SuaraSurakarta.id - Ada beragam manfaat jahe. Jahe tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur atau jamu yang baik bagi pencernaan dan kekebalan tubuh tetapi juga herbal perawatan tubuh alami lho.

Ini terjadi karena jahe memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang baik bagi kulit serta rambut. Dikutip dari Healthshots, berikut ini lima manfaat jahe yang bisa kamu gunakan untuk perawatan alami kulit dan rambut di rumah!

1. Mampu meratakan warna kulit
Campur jahe dengan lemon, lalu oleskan di wajah terutama jika memiliki flek hitam. Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Jahe dan lemon dapat membantu kolagen menyembuhkan bekas luka di kulit. Bahkan membantu meratakan warna kulit wajah.

2. Atasi rambut rontok dan kusut
Dengan kandungan mineral, vitamin, dan asam lemak, jahe dapat memperkuat rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi kulit kepala yang dapat membantu menumbuhkan rambut panjang dan tebal.

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

3. Membuat kulit wajah bercahaya
Jika kamu ingin kulit wajah bercahaya, kamu bisa manfaatkan jahe. Selain itu, jahe juga dapat mengecangkan kulit dan melawan tanda penuaan. Campur jahe dan air, lalu tambahkan sesendok madu dan bubuk gandum. Lalu ratakan di wajah selama 20 menit sebelum dibilas.

4. Dapat melawan jerawat di wajah
Jika wajahmu sering berjerawat, saatnya gunakan jahe sebagai perawatan alami yang bisa dicoba di rumah. Jahe memiliki sifat antiperadangan yang dapat melawan jenis infeksi, sehingga dapat membantu kulit sehat dan bersih. Campurkan jahe dengan satu sendok bubuk arang, satu sendok gel lidah buaya, dan satu sendok madu. Campur semuanya dan ratakan ke wajah selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

5. Jahe membuat rambut lembut dan berkilau
Selain sampo, jahe juga bisa membuat rambut lembut dan berkilau. Hal yang perlu dilakukan adalah gunakan campuran jahe untuk memijat rambut, lalu ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Hal ini bisa menjadi alternatif sampo yang baik dan alami, dengan kandungan manfaat yang baik bagi rambutmu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait